Jumat, 26 Februari 2010

Tahapan Pembaruan Pendidikan Nisbet ; Tugas Individu 2


1.      Incres in Workload ( pertambahan beban kerja)
Eksperimen harus terus dilakukan untuk menguji kebaharuan suatu teori dan hasilnya digunakan untuk memperbaharui teori yang sudah usang. Jika pada saat teori itu sudah usang baru dilakukan penelitian, maka pembaharuan akan membutuhkan waktu yang sangat lama.
Contoh : beberapa minggu sebelum ujian, saya mencicil materi ujian supaya pada saat ujian tidak lagi merasa panik.
2.      Loss of Confidence ( kehilangan kepercayaan)
Kita harus mengasah diri dan memperluas pengetahuan agar siap menerima dan mengembangkan ide-ide pembaharuan.
Contoh : sebelum melakukan presentasi, saya dan teman-teman kelompok mempersiapkan diri dan menambah pengetahuan yang berhubungan dengan materi presentasi agar pada saat sesi tanya jawab kami dapat menanggapi pertanyaan dan ide teman- teman lain dengan baik.
3.      Period of Confusion ( masa kacau)
Sebelum pembaharuan diserap dengan baik, akan timbul masa-masa kacau dan kebingungan. Namun, kebingungan itu masih dalam batas-batas yang bisa diatasi.
Contoh : pada saat saya baru mempelajari key idea tree di training camp, saya merasa kebingungan. Namun, saya berhasil mengatasinya dengan bertanya kepada orang lain.
4.      The Blacklash
Jika ada permasalahan yang harus dievaluasi, kita hendaknya mengevaluasinya menurut pembaharuan yang sudah dilakukan.
Contoh : saat mengerjakan proposal penelitian, saya memilih landasan teori terbaru dalam menyusun proposal tersebut.

Referensi :
Salam, Burhanuddin. (2002). Pengantar Paedagogik. Jakarta : Rineka Cipta

Marisa Andra
081301039

0 komentar:

Posting Komentar

 

Great Morning ©  Copyright by Marisa Andra | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks